Superman

Jumat, 08 April 2016

Menambah Hardware (Upgrade Komputer)



Teknologi Informasi sekarang sudah semakin canggih dan berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer yang anda miliki harus support atau bahasa gampangnya sudah menandai untuk dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah semakin canggih.

Jika komputer anda masih menggunakan hardware model lama atau masih menggunakan spesifikasi yang "terbelakang", ada cara untuk memperbaruhi komputer tersebut, cara ini disebut "upgrade" hardware. Mengganti hardware yang lama dengan hardware yang lebih tinggi atau lebih baru dengan jenis slot yang sama .

Upgrade hardware merupakan suatu cara untuk meningkatkan kinerja komputer, seperti meningkatkan kapasitas memori, dan meningkatkan tampilan fitur gambar. Berikut berapa komponen yang bisa di-upgrade.
  1. Processor
  2. Motherboard
  3. Memori
  4. VGA Card
  5. Sound Card
  6. Hard Disk
  7. Power Supply
Jika ingin memakai hardware yang baru, pilih yang bergaransi pabrik. Sesuai dengan jenis slot yang tersedia pada motherboard hardware tersebut. Misalnya ingin mengganti VGA Card, anda harus tahu jenis slot  VGA yang tersedia pada motherboard komputer untuk VGA Card. Jangan salah membeli hardware yang tidak sesuai dengan slotnya, karena hardware tersebut tidak akan bisa dipakai.

Teliti, sabar, dan cermat dalam membeli hardware bekas. Hardware bekas juga masih bagus untuk digunakan pada komputer. Selain harga yang lebih murah, hardware bekas juga sudah cukup untuk memuaskan dalam berkomputer dengan nyaman. Disarankan bagi anda yang ingin menggunakan hardware bekas, harus banyak mengetahui informasi tentang hardware tersebut, baik harga, kualitas, maupun performa  hardwarenya.

Hati-hati dalam memasang hardware, Selalu berhati-hati dan waspada adalah kunci dalam memasang hardware yang benar, karena seluruh hardware komputer memiliki IC atau chip yang rentan rusak akibat listrik statik. Gunakan alas kaki yang terbuat dari karet atau gunakan gelang kawat saat memasang hardware untuk keamanan dan hasil yang baik.

Upgrade Processor

Perkembangan teknologi processor saat ini sangat pesat, sehinggan membuat sebagian orang bingun untuk memilih jenis processor yang ingin digunakan. Belum lama satu jenis processor muncul, jenis lainnya sudah menyusul. Celakanya, tidak semua platform kompatibel satu sama lain. Seringkali untuk meng-upgrade processor, pengguna harus mengganti motherboard. Berikut ini beberapa contoh processor yang dapat di-upgrade.

  1. Processor AMD Athlon-XP 2,6 Ghz ke AMD Athlon-XP 3 Ghz . Soket yang digunakan harus sama, yaitu 462 dan mendukung FSB 333 MHz.
  2. Processor Intel Pentium IV 2,4 GHz ke Processor Intel Pentium IV 3,2 GHz. Soket yang digunakan harus sama, yaitu 478 dan mendukung FSB 800 MHz.
Upgrade Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai induk bagi komponen-komponen lainnya. Dalam meng-upgrade motherboard, anda harus memperhatikan tipe processor dan memori yang digunakan.







Upgrade Memori

Upgrade memori merupakan salah satu cara prkatis untuk meningkatkan suatu kinerja komputer secara dramatis, dengan cara menambah memori pada slot yang tersisa. Hal-hal yang perluh diperhatikan dalam meng-uprade memori adalah kemampuan slot memori, jumlah slot memori, dan slot memori.
  

Upgrade VGA Card

Upgrade VGA Card dilakukan agar mendapatkan tampilan visual yang maksimal. Anda harus memastikan maksimal yang bisa digunakan sesuai dengan kemampuan PC dan aplikasi yang sering digunakan. Selain itu, pastikan slot VGA dan jenis VGA yang ingin anda upgrade.





Upgrade Sound Card 

Upgrade Sound Card biasanya dilakukan jika sound onboard tidak berfungsi atau kualitas yang dihasilkan pas-pasan. Untuk melakukan upgrade ini tentu anda harus memperhatikan motherboard-nya, apakah terdapat slot PCI-nya. Jika slotnya ada, anda tinggal membeli sound card. Pasang dengan tepak dan benar, biasanya penambahan sound card akan menghasilkan suara yang lebih memuaskan.

Upgrade Hard Disk

Upgrade Hard Disk dilakukan jika sistem komputer kekurangan tempat untuk menyimpan data. Kuranganya kapasitas hard disk akan mempengaruhi kecepatan transfer data dan kinerja komputer. Upgrade hard disk dapat dilakukan dengan menaikkan rpm atau mengganti tipe interface-nya, hard disk IDE menjadi SCSI atau SATA. Jangan lupa untuk memeriksa kapasitas maksimum hard disk  yang didukung oleh BIOS motherboard yang anda pakai.
  
Upgrade Power Supply

Upgrade Power Supply biasanya dilakukan karena usia power supply sudah lama, pemakaian banyak perangkat tambahan, kinerja komputer menurun, terkadang komputer tidak bisa menyala, menyala tapi tidak stabil, dan tiba-tiba mati atau restart sendiri. Jika hal ini terjadi, dapat disimpulkan bahwa daya yang dikeluarkan power supply tidak mengcukupi. Anda dapat melakukan upgrade power supply dengan menambah kapasitasnya, misalnya dari kapasitas 350 watt menjadi 450 watt.


Download

Sumber : Buku Menjadi Dokter Spesialis Komputer

0 komentar:

Posting Komentar